Kamis, 29 Desember 2011

Dian Swastatika Lego 1.304 Menara BTS Ke Inti Bangun


Large_bts__13_
JAKARTA: PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, perusahaan energi dan infrastruktur di bawah kendali Grup Sinarmas, memutuskan menjual aset telekumunikasinya kepada PT Inti Bangun Sejahtera.
 
Aset itu berupa 1.211 menara BTS (base transceiver station) dan 93 menara yang masih dalam tahap penyelesaian senilai Rp690,38 miliar. Dengan demikian total menara yang dijual sebanyak 1.304 unit BTS.
 
Inti Bangun merupakan perusahaan infrastruktur telekomunikasi yang berbasis di Jakarta yang juga tengah membeli 705 menara telekomunikasi miliki PT Smartfren Telecom Tbk, unit usaha telekomunikasi Grup Sinarmas.
 
Direktur merangkap Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Hermawan Tarjono mengatakan penjualan aset menara telekomunikasi tersebut dilakukan dalam rangka fokus menjalankan bisnis batu bara dan pembangkit listrik.
 
"Transaksi ini material tapi bukan merupakan transaksi afiliasi dan tidak mengandung benturan kepentingan," katanya dalam keterbukaan informasi hari ini.
 
Menurut Kantor Jasa Penilai Publik Doli Siregar & Rekan, harga penjualan tersebut 2,9% di atas harga pasar wajar yaitu Rp670,65 miliar.
 
Nota kesepahaman antara kedua belah pihak telah ditandatangani pada 15 Desember dengan transaksi pembelian yang direncanakan pada 27 Desember. 
 
Dalam nota kesepahaman tersebut, Dian Swastatika dan Inti Bangun Sejahtera menyetujui bahwa pembayaran atas pembelian tersebut akan dilakukan melalui penerbitan surat utang yang dapat dikonversi menjadi saham oleh Inti Bangun. 
 
Berdasarkan kajian proyeksi keuangan yang telah dilakukan Kantor Jasa Penilai Publik Doli Siregar & Rekan, rencana penjualan dan pengalihan infrastruktur telekomunikasi tersebut akan memberikan kontribusi yang lebih positif bagi perseroan dalam hal peningkatan laba, peningkatan besaran net present value (NPV) serta peningkatan kinerja keuangan secara keseluruhan. (sut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar