Senin, 05 Desember 2011

XL Akan Jual 7.000 Menara BTS

JAKARTA - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menjajaki kemungkinan untuk menjual sebanyak 7.000 menara radio pemancar atau base transceiver station (BTS) dengan nilai yang diperkirakan mencapai Rp 14 triliun-15 triliun.

"Kami sedang mengkaji kembali untuk melepas sebanyak 7.000 menara kepada investor," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi usai menjadi pembicara pada seminar bertajuk "Bertahan dan Tumbuh Di Tengah Turbulensi Ekonomi Dunia Melalui Kinerja Ekselen" di Jakarta, Rabu.

Menurut Hasnul, untuk melepas 7.000 menara tersebut pihaknya sudah menunjuk arranger yaitu Goldman Sachs.

Meski begitu, ia tidak merinci lebih lanjut calon investor yang akan menjadi pembeli menara yang dimaksud. "Tunggu saja, ini masih dalam penjajakan," ujarnya.

Sesungguhnya perseroan pernah mencoba untuk melepas 7.000 menaranya pada 2009, namun tidak membuahkan hasil.

Menurut Hasnul, alasan manajemen menjual menara adalah agar perseroan lebih fokus dan tidak lagi memikirkan untuk mengelola sendiri menara. Menurut catatan, saat ini XL memiliki 9.000-10.000 menara, namun yang siap untuk dilepas sebanyak 7.000 menara.

Ia melanjutkan kontribusi bisnis menara (sewa) terhadap total pendapatan relatif kecil atau sekitar 4 persen. Akan tetapi perseroan tidak mengungkapkan target waktu penyelesaian aksi korporasi tersebut. "Kami tidak punya target kapan selesainya. Yang pasti, kami akan lakukan penjajakan terus menerus," tambahnya. (tk/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar