Kamis, 27 September 2012

Bisnis Penyedia Menara BTS Berprospek Cerah di Tengah Euphoria Gadget Canggih

Bisnis Penyedia Menara BTS Berprospek Cerah di Tengah Euphoria Gadget Canggih
Senin, 24 September 2012 20:40 WIB
(Vibiznews - Business) - Dengan perkembangan pesat pasar smartphone, tablet dan beragam gadget berbasis mobile, perusahaan provider telekomunikasi dituntut untuk meningkatkan kemampuan teknologinya (24/09). Untuk mendukung tingginya traffic dan pemakaian gadget berbasis mobile, tampaknya perusahaan penyedia jasa provider harus bersiap diri untuk menerima tantangan tersebut.

Bagi perusahaan-perusahaan pemilik BTS tampaknya kenaikan jumlah pengguna gadget berbasis mobile akan membawa keuntungan yang luar biasa besar. Seperti yang kita ketahui bersama, gadget-gadget berbasis mobile umumnya menggunakan jasa wi-fi dan provider. Hal ini tentunya menuntut pengembangan jaringan yang lebih baik ke depannya.

CEO American Tower, perusahaan yang memiliki menara BTS dan infrastruktur nirkabel di AS, James Taiclet, menilai bahwa iPhone 5 akan menjadi tonggak transformasi dari perusahaan-perusahaan sejenis.

Euphoria iPhone 5, Gadget Teranyar Apple

Pada hari Jumat tanggal 21 September lalu dirilis perdana iPhone 5 yang telah lama ditunggu-tunggu. iPhone dijual di beberapa kota besar dunia seperti New York, London, Hong Kong, Tokyo, Sydney dan Singapura. Antrian pembeli yang ingin membeli gadget tersebut mengular di depan toko pengecer resmi Apple.

Apple sendiri melaporkan bahwa pesanan pre-order untuk iPhone 5 sebelum peluncurannya mencapai angka 2 juta unit. Perusahaan mengharapkan bahwa produk ini akan memcahkan rekor penjualan dari produk-produk Apple lainnya. Terbukti pada minggu pertama penjualan produk ini telah berhasil mencapai angka 5 juta unit. Pada minggu ini Apple mulai menjual iPhone 5 di 22 negara lain.

Antusias masyarakat pecinta Apple terhadap iPhone 5 boleh dibilang tidak tergoyahkan oleh apapun. Terbukti meskipun review yang kurang bergairah dari para ahli, terutama dengan adanya kesalahan pada kemampuan aplikasi peta di gadget tersebut, sama sekali tidak berimbas kepada surutnya animo masyarakat global untuk memburu produk tersebut.

James Taiclet berpendapat bahwa dengan aplikasi yang terdapat di dalam sistem iPhone 5 ini, masyarakat akan menuntut teknologi yang lebih baik dari penyedia jasa provider.

Lazimnya masyarakat saat ini masih mengandalkan jaringan wi-fi yang cukup stabil untuk menjalankan berbagai aplikasi di iPhone 5 seperti video chat dan Face Time. Akan tetapi masyarakat juga mengharapkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan secara mobile, dan tidak mengandalkan wi-fi.

Potensi Pertumbuhan Perusahaan Penyewaan BTS di Indonesia

Di Indonesia sendiri tampaknya bisnis penyedia sewa jasa menara BTS ke perusahaan-perusahaan provider merupakan bisnis yang menjanjikan. Perusahaan provider di Indonesia bisa memiliki sendiri atau menywa menara BTS yang sudah tersedia. Pemerintah juga telah menurunkan anjuran menjalankan pemanfaatan infrastruktur bersama di industri telekomunikasi.

Hal ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan penetrasi layanan telekomunikasi seluler di Indonesia, seperti juga memberikan kesempatan bagi industri telekomunikasi untuk menurunkan biaya operasional dan mempercepat pengerjaan jaringan. Lebih jauh, pemanfaatan menara dan infrastruktur bersama lebih ramah lingkungan.

Perusahaan-perusahaan penyedia jasa penyewaan menara BTS juga memanfaatkan bursa saham untuk mendulang modal. Tercatat setidaknya ada tiga perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di BEI dari sektor penyewaan BTS.

PT Inti Bangun Sejahtera, PT sarana Menara Nusantara dan PT Tower Bersama adalah tiga perusahaan penyedia dan pengelola menara telekomunikasi yang telah tercatat di BEI.

(Ika Akbarwati/IA/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar