Senin, 19 Maret 2012

BTS Go Green Telkomsel Terbanyak


JAKARTA - Telkomsel secara resmi mengoperasikan Base Transceiver Station ramah lingkungan (BTS Go Green) di Pulau Senayang, Kepulauan Riau. Hal itu menjadikan Telkomsel sebagai operator selular dengan BTS Go Green terbanyak di Asia dengan jumlah 132 BTS. 


GM Radio Operation and Power System Telkomsel Iwan Chairul mengatakan, sebagai upaya menjaga kinerja pelayanan dan kinerja perusahaan ke depan, Telkomsel terus melakukan riset dan pengembangan penggunaan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

“Untuk 132 BTS Go Green yang telah beroperasi, kami memanfaatkan tenaga matahari atau solar cell. Sehingga kebutuhan pasokan energi untuk mengoperasikan BTS tetap terjaga,” ungkapnya.

Di samping menggunakan solar cell, Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi fuel cell dengan memanfaatkan bahan bakar hidrogen di wilayah Sumatera.

Keunggulan penerapan sumber energi alternatif fuel cell antara lain tidak bising karena tidak terdapat komponen bergerak, tidak polutan (tidak beracun dan tidak berbau) karena zat buangan yang ditimbulkan adalah H2O alias unsur air, dan memiliki efisiensi proses yang jauh lebih baik dibanding dengan sistem konvensional.

Ke depan, Telkomsel akan mengembangkan BTS dengan sumber energi alternatif lainnya yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia.

“Pemanfaatan sumber energi alternatif ramah lingkungan ini sekaligus merupakan bentuk dukungan kami terhadap imbauan pemerintah untuk melakukan efisiensi penggunaan listrik yang kini terasa semakin langka,” pungkas Iwan. (rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar