Senin, 10 Februari 2014

Lunasi utang akuisisi Axis, XL akan jual menara

Lunasi utang akuisisi Axis, XL akan jual menara

Dana Aditiasari
Rabu,  5 Februari 2014  −  15:45 WIB
Ilustrasi
ukuran font : kecil | normal | besar | sangat besar
Sindonews.com - PT XL Axiata Tbk (XL) menyebutkan bahwa perseroan telah menyiapkan sejumlah skema untuk melunasi pinjaman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana akuisisi dan merger PT Axis Telekom Indonesia (Axis) sebesar USD865 juta.

Untuk mendanai aksi korporasi tersebut, EXCL selain memperoleh dari pemegang saham Axiata sebesar USD500 juta atau sekitar 58 persen,dan sebesar USD365 juta atau 42 persen dipenuhi dari pinjaman institusi keuangan.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menerangkan, jika nantinya perseroan akan melunasi dana pinjaman yang digunakan untuk proses akuisisi Axis sebesar USD865 juta tersebut melalui sejumlah skema.

Beberapa opsi pelunasan utang yang akan ditempuh perseroan adalah efisiensi dan penjualan menara. "Bisa dari cash generator, efisiensi maupun menjual sebagian tower," kata Hasnul diBalai Kartini, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Saat ini, jumlah menara telekomunikasi milik perseroan XL sebanyak 8.500 menara, ditambah dengan menara milik Axis akan menjadi 10.000. Sayangnya, Hasnul masih enggan menyebut waktu yang pasti serta jumlah menara yang akan dijual.

Pada kesempatan yang sama, Chief Financial Officer XL Mohammed Adlan Tadjudin mengungkapkan bahwa perseroan telah mendapatkan pinjaman sebesar USD300 juta dari DBS Bank. Dana pinjaman tersebut, sebagiannya untuk melancarkan proses akuisisi sebagaimana dimaksud.

"Dari DBS kami akan gunakan sebagian untuk operasional dan sebagian lagi untuk merger, dengan tenor pinjaman tiga tahun. Sedangkan sisanya, masih menunggu kesepakatan dari institusi keuangan yang bersangkutan," papar Mohammed.
(rna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar