Senin, 17 Oktober 2011

13 BTS BERTEKNOLOGI DATA CDMA TERPASANG DI BALI

(Berita Daerah-Bali), Sebanyak 13 unit menara pemancar telepon selular (base transmition station/BTS) berteknologi CDMA atau EVDO Rev A sudah terpasang di wilayah Bali.

"BTS yang berteknologi setara 3G dapat membuat pelanggan Flexi bisa mengakses internet dengan kecepatan sampai dengan 3,1 Mbps," kata Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, keberadaan BTS sebanyak itu sudah mampu menjangkau hampir 80 persen seluruh wilayah di Pulau Dewata itu.

Dia menjelaskan, dengan menggunakan telepon seluler dan modem yang mendukung teknologi EVDO Rev A, para pelanggan bisa melakukan "video call", "video streaming", "video chatting", dan layanan lainnya dari telepon seluler atau komputernya dengan nyaman.

Rinaldi menambahkan bahwa BTS tersebut disiapkan untuk kelancaran layanan "Flexi Mobile Broadband" sehingga pelanggan dapat mudah mengakses internet menggunakan telepon seluler atau komputernya dengan cepat dan nyaman.

"Kami menargetkan sampai akhir tahun ini sebanyak 49 unit BTS dengan teknologi EVDO Rev A sudah terpasang di seluruh wilayah Pulau Dewata," ujarnya.

Rinaldi mengakui, target layanan "Flexi Mobile Broadband" di wilayah tujuan wisata internasional itu memang baru di beberapa kota/kabupaten.

Layanan akses data CDMA itu, lanjut dia, hanya baru menyasar wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Gianyar.

"Akan tetapi secara bertahap akan dikembangkan hingga seluruh Bali terlayani oleh program akses data tersebut," katanya.

Dia menjelaskan bahwa lokasi yang saat ini dilayani oleh "Flexi Mobile Broadband" adalah, untuk Denpasar hanya di daerah timur dan barat serta selatan.

Sedangkan wilayah Kabupaten Badung adalah area Kuta dan Sempidi, sedangkan untuk Kabupaten Tabanan baru di daerah Kediri saja.

"Secara umum `coverage` (jangkauan) di wilayah Bali sudah siap untuk menunjang layanan terbaru yang merupakan terobosan dalam Mobile Broadband," katanya.

(jh/JH/bd-ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar