Senin, 17 Oktober 2011

Indosat Jual 10.000 BTS Pada Sarana Menara Nusantara

LENSAINDONESIA.COM: PT Sarana Menara Nusantara Tbk dan PT Tower Bersama Tbk resmi membeli sekitar 4000 menara sekira US$ 500 juta dari Indosat. Indosat, selaku penyelenggara telepon seluler terbesar ke 2 di Indonesia awal September telah melakukan penawaran tender menara (BTS/ Base Transmitter Receive).

“Perusahaan ini sekarang dalam pembicaraan dan negosiasi dengan Menara Bersama dan Sarana dan mengharapkan kesepakatan akan selesai pada akhir tahun atau Januari 2012,” ujar juru bicara Indosat Adita Irawati di Jakarta.

Indosat menargetkan menara-menara tersebut lebih sedikit terjual. Namun lantaran permintaan yang tinggi terhadap menara-menara tersebut, perkiraan terjadinya minimnya penjualan sama sekali tak terjadi.

Dalam penawaran beberapa waktu lalu, Solusi Tunas Pratama, juga bermnat untuk untuk meningkatkan hingga modal hingga Rp 380 milyar (sekira US$ 43 juta) untuk memulai ekspansi usaha di bidang telekomunikasi serta akan menggelar penawaran umum perdana (IPO/ Inital Public Offering) pada Oktober mendatang. Sayang ketika dikonfirmasi tentang adanya IPO, pihak Solusi Tunas Pratama enggan berkomentar.

Sebagai bank penjamin Tower Bersama mengajak kerjasama Australia ANZ, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Credit Agricole CIB dan United Overseas Bank yang setuju sejak Juli lalu untuk memodali pembelian menara-menara dari Indosat.

Selain itu DBS, ING Bank, OCBC Bank, Standard Chartered Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corp juga ikut tertarik untuk memodali pembiayaan akuisisi yang akan dilakukan Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), anak perusahaan PT Sarana Menara Nusantara.

Setidaknya sekitar 10.000 menara akan dilelang oleh Indosat pada tahun ini. Indosat juga dikabarkan tertarik untuk menjual menara milik perusahaan.

Kini Indosat, sebagian sahamnya dimiliki oleh Qatar Telecom. Tentang adanya penjualan 10.000 menara Indosat, baik Menara Bersama dan Sarana menolak berkomentar. adrian/LI-08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar