Minggu, 29 Januari 2012

Menara Telekomunikasi Ditarik Dua Retribusi


Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan akan menarik dua retribusi bagi menara telekomunikasi yang berdiri di wilayahnya guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan naik pada 2012 mendatang.

Kepala Bidang Personel Pelengkapan Pembiayaan dan Dokumen (P3D) Dispenda Kota Balikpapan Asfiansyah mengatakan dua retribusi tersebut terdiri atas retribusi pendirian menara dan pengendalian telekomunikasi.

Mengenai retribusi perizinan, pihaknya telah memberlakukan penarikannya sejak 2008 lalu.“Untuk pengendalian telekomunikasi masih dibahas bersama DPRD. Nantinya, tugas tersebut ada dibawah koordinasi Dinas Perhubungan,” kata Asfiansyah senin, (12/12).

Menurutnya, besaran nilai pajak pengendalian telekomunikasi sebesar 2% dari Nilai Jual Obyek Pajak [NJOP]. Dia mengatakan peluang untuk meningkatkan PAD melalui retribusi menara telkomunikasi masih cukup terbuka karena ada 162 menara yang berdiri di Balikpapan.

Asfiansyah memperkirakan potensi pajak menara telekomunikasi tersebut mencapai Rp3 miliar. Retribusi ini akan cukup membantu perolehan PAD yang ditargetkan mencapai Rp289 miliar pada 2012.

1 komentar:

  1. Kami menawarkan space untuk BTS
    di 3 wilayah. selengkapnya di
    http://towerprovider.tk

    BalasHapus