Rabu, 22 Januari 2014

Data Ulang Jumlah Tower di Tulang Bawang Barat






TUBA BARAT – Menara telekomunikasi (tower) yang ada di Tulangbawang Barat banyak belum terdata. Sementara keberadaan tower tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD).
Kabid Kominfo Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Tuba Barat Dulrahman mengatakan, kini baru 38 tower yang tercatat. Hal ini berdasar pendataan yang dilakukan PT Devan Telemedia selaku konsultan di bidang informatika dan komunikasi pusat.
’’Jumlah tersebut berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan, yakni pada 2011,’’ kata Dulrahman.
Karena itu, Dishubkominfo akan mendata ulang tower yang ada di Tuba Barat. ’’Rencananya, awal 2014 kami mulai  pendataan ulang. Dengan begitu, kami bisa mengetahui berapa sebenarnya tower yang berdiri dan aktif beroperasi di wilayah ini,’’ paparnya.
    Berdasar pendataan, pihaknya akan mengumpulkan perusahaan-perusahaan seluler selaku pemilik tower. Hal ini sebagai langkah memaksimalkan PAD yang bersumber dari retribusi tower tersebut.
’’Setiap perusahaan seluler yang mendirikan tower harus memberikan kontribusi ke pemkab untuk menunjang PAD,’’ tegasnya.
Lebih jauh Dulrahman mengungkapkan, tahun depan PAD dari Bidang Kominfo ditargetkan Rp450 juta. ’’Kalau kita tidak memberikan pemaparan dan pemahaman kepada mereka (pemilik tower), kita khawatir target PAD 2014 tidak tercapai,’’ ujarnya. (ded/rnn/fei/c3/ais)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar