Jumat, 12 Oktober 2012

Pemkab Bogor Akan Bangun Menara BTS Bersama

 
INILAH.COM, Bogor - Penggunaan menara transmiter bersama tengah menjadi pertimbangan Pemkab Bogor untuk menekan semakin menjamurnya menara besi milik perusahaan operator seluler. Tidak hanya di perkotaan, menara base transceiver station (BTS) pun sudah merambah hingga pelosok desa.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Bogor Erwin Suriana membenarkan rencana penggunaan menara bersama ini. Disebutkan Erwin, saat ini regulasi untuk penggunaan menara bersama ini tengah dibahas.

"Kita masih membahas detil, mulai dari perizinan pembangunan hingga izin operasionalnya. Sehingga kedepannya aturan mainnya lebih jelas," tutur Erwin, Selasa (18/9/2012).

Penggunaan menara bersama ini diharapkan bisa menekan jumlah menara yang berdiri di Kabaupaten Bogor. Tidak sedikit permasalahan yang ditimbulkan dengan keberadaan menara ini. Baik dari masyarakat maupun dari aturan hukum atau perizinan yang dilakukan perusahaan operator seluler.

"Nanti, satu menara bisa digunakan oleh beberapa operator seluler. Kalau sekarang ini masing-masing operator memiliki menara masing-masing. Akibatnya, menara ini tumbuh subur hampir disetiap pelosok kota. Tidak sedikit dari pemilik menara ini melanggar aturan yang ada," tutur Erwin.

Menara bersama ini tentu lebih praktis. Baik dari sisi pembangunan dan perizinan. Misalnya menara ini dibangun pemkab dan perusahaan operator seluler bisa menyewa untuk memasang pemancar mereka.

"Kedepan, menara-menara transmitter ini akan menjadi perhatian serius pemkab. Sebab selain menimbulkan banyak masalah, kadang operator seluler memaksakan kehendak terhadap titik menara yang akan mereka bangun. Dengan menara bersama, pemkab yang menetapkan titik mana yang bisa digunakan untuk menara pemancar," tegasnya.[ang]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar