Selasa, 17 Maret 2015

Tak Berizin, Menara Telekomunikasi 30 Meter Dibongkar

Tak Berizin, Menara Telekomunikasi 30 Meter Dibongkar

Selasa, 2 September 2014 16:58 WIB


Tak Berizin, Menara Telekomunikasi 30 Meter Dibongkar
Wartakotalive.com/Wahyu Tri Laksono
Menara BTS yang dibongkar 
Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Wahyu Tri Laksono
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menara Base Tranceiver Station (BTS) setinggi 30 meter yang tak berizin dibongkar Suku Dinas Pengawasan dan Perizinan Bangunan (P2B) Jakarta Barat, Selasa (2/9/2014).
Menara yang terletak di Jalan Gotong Royong RT 07/08, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat sudah lama menganggu aktivitas warga. Menurut Bambang (42) warga setempat yang tinggal bersebelahan dengan menara BTS, sejak dibangun 5 bulan silam pemilik menara tidak pernah meminta izin kepada warga.
"Warga selama ini belum pernah diminta persetujuan, juga belum ada konfirmasi. Kalau berdirinya itu di lahan milik bapak Parjo. Apalagi menara tersebut berdiri setinggi 30 meter," ujar pria yang tinggal di rumah nomor 60 ini.
Ia menjelaskan tingginya bangunan menara jelas menimbulkan kekhawatiran warga. Karena sewaktu-waktu bisa roboh. "Yah, takutnya roboh, apalagi dibangunnya di atap rumah, tingginya aja sampai 30 meter," ucapnya.
Kasudin P2B Jakarta, Berry Hasundungan Siagian mengatakan pembongkaran tersebut berdasarkan laporan warga yang terganggu dengan bangunan menara. Selain setinggi 30 meter, menara berpondasi besi itu dibangun di lantai atas sebuah bangunan rumah tinggal.
"Sudah dipastikan bangunan menara seluler ini tidak berizin. Karena berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan," kata Berry di lokasi pembongkaran, Selasa (2/9/2014).
Berry menjelaskan, kesalahan itu dapat dilihat dari posisinya yang sudah salah karena berada di atap bangunan rumah. Menara yang dibangun sejak Juni itu jelas menyalahi aturan. "Warga juga khawatir dengan radiasi yang ditimbulkan dari menara itu," tuturnya.
Kendati sudah diturunkan oleh satu alat berat Crane, pembongkaran sampai saat ini masih terkendala dengan posisi menara yang berada di atap bangunan. Solusinya, pihaknya secara perlahan akan mencopot satu persatu besi menara.
"Karena posisinya di atap bangunan, makanya untuk membongkarnya perlu kehati-hatian. Tapi, kami pastikan hari ini seluruhnya dibongkar," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar