Jumat, 29 Juli 2011

Tahun Ini, Axis Tambah 9.000 BTS Baru

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi Axis berencana akan menambah 9000 Base Transceiver Station (BTS) di seluruh Indonesia. Pembangunan BTS ini menggunakan pembiayaan dari Saudi Telecom yang telah diterima Axis bulan Mei tahun ini.
Hal ini disampaikan Anita Avianty, Head of Marketing Communication Axis di sela-sela presentasi Uji Jaringan Axis. "Kami memperoleh dana USD 1, 2 miliar yang akan kami gunakan untuk pembangunan 9000 BTS, juga ekspansi mobile broadband dalam waktu lima tahun ke depan," ujar Anita di Hotel Novotel, Yogyakarta, Jumat (15/7/2011) lalu.
Selain itu, Axis juga akan mengalokasikan 3,2 juta dollar AS untuk pembelian baterai BTS. "Untuk daerah-daerah yang mengalami ketidakstabilan aliran listrik dari PLN, kami mengantisipasinya dengan membeli baterai BTS dan disiagakan di BTS-BTS yang membutuhkan. Kami juga membedakan baterai BTS untuk Jawa dan Sumatera, karena spesifikasi baterai BTS untuk Sumatera berbeda sehingga harganya juga lebih mahal," jelas Anita.
Anita juga mengungkapkan adanya laporan pencurian peralatan BTS Axis yang menyebabkan gangguan komunikasi yang signifikan. "Setiap hari kami menerima laporan pencurian. Untuk mengantisipasinya, sekarang kami memperketat sistem keamanan di BTS-BTS dengan Network Monitoring System (NMS)," ungkapnya.
Marc Proulx, General Manager Technology Operation Axis menambahkan, tiga komponen penting yang paling sering dicuri adalah feeding cable, grounding cable, dan baterai. "Tiga komponen itu sangat penting bagi BTS. Kami sudah mempersiapkan infrstruktur yang baik bagi pelanggan, namun karena ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pencurian itu, maka pelayanan kami kepada pelanggan juga terganggu," ungkap Marc.
Hingga periode 30 Juni 2011, sepanjang Jabodetabek hingga Jawa Timur, Axis telah memiliki BTS 2G sebanyak 3550 dan BTS 3G sebanyak 1100. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2010 di mana Axis memiliki BTS 2G sebanyak 3300 dan BTS 3G sebanyak 950. Selama tiga tahun ke depan, jumlah BTS ini akan bertambah 9000 BTS dari pembiayaan yang telah disebutkan Anita.
"Jumlah BTS ini belum termasuk BTS-BTS yang sharing dengan XL. Kalau ditambahkan dengan BTS-BTS itu, jumlahnya lebih banyak," tutup Anita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar