Kamis, 26 Februari 2015

Tukar Guling Saham Mitratel, Telkom Dapat 13,7% Saham Tower Bersama


Tukar Guling Saham Mitratel, Telkom Dapat 13,7% Saham Tower Bersama

Angga Aliya - detikfinance
Kamis, 26/02/2015 08:40 WIB
Tukar Guling Saham Mitratel, Telkom Dapat 13,7% Saham Tower Bersama
Jakarta -PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) akan menguasai 13,7% saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) secara bertahap. Saham ini didapat Telkom dengan cara tukar guling saham anak usaha, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

Pada 9 Oktober 2014 Tower Bersama dan Telkom sudah menandatangani dokumen transaksi untuk tukar guling saham. Tukar guling saham ini akan dilakukan dalam beberapa tahap.

Pada Tahap I adalah penukaran 49% saham Mitratel yang dimiliki Telkom. TBIG akan menukarkan 290 juta lembar (6,15%) saham perusahaan dengan 49% saham Mitratel milik Telkom.

Setelah penukaran saham Tahap I Direksi Mitratel akan terdiri dari 5 orang, untuk dirut dan dua direktur diusulkan dari TBIG dan sisanya dari Telkom. Sementara TBIG boleh mengusulkan satu Wakil Komisaris Utama dan 2 anggota dewan komisaris.

Setelah menyelesaikan pertukaran saham tahap awal, TBIG akan memegang kendali manajemen dan mengkonsolidasikan Mitratel dalam laporan keuangan Perseroan.

Selain itu, Telkom juga memiliki opsi untuk menukarkan 51% sisa kepemilikan Telkom di Mitratel dalam jangka waktu 2 tahun dengan tambahan 472,5 juta saham baru TBIG sehingga kepemilikan Telkom di TBIG akan menjadi 13,7% dari modal setelah penerbitan saham baru.

Selain kepemilikan saham di TBIG, Telkom akan menerima tambahan pembayaran kas sampai maksimum sebesar Rp 1,739 miliar apabila Mitratel dapat mencapai target pencapaian tertentu yang telah disetujui.

Penyelesaian transaksi ini bergantung pada berbagai persetujuan termasuk persetujuan pemegang saham TBIG dan semuanya ini diharapkan akan selesai pada triwulan pertama 2015.
(ang/hds) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar