Kamis, 15 September 2011

Bila Cemara dan Kaktus menjadi Menara BTS




Menara BTS berbentuk pohon
TEMPO InteraktifJakarta - Beberapa daerah di Tanah Air berencana merobohkan menara base transceiver station (BTS). Mereka berdalih, menara tersebut tidak berizin. Ada pula yang menyebut menara itu tidak estetis dan berjejalan di satu lokasi.
CTIA, yang diselenggarakan di Las Vegas, menampilkan menara BTS yang visioner. Bentuknya tidak lurus menjulang, namun menyerupai pohon. Menara ala pohon jadi-jadian ini dibuat oleh perusahaan Cell Tree Inc, yang sejak 1999 bergerak di bidang menara telekomunikasi.

Perusahaan ini mengklaim telah "menanam" menaranya di 200 lokasi tiap tahunnya. Cell Trees memproduksi sendiri dan mengontrol kualitas dengan tes kecepatan di lapangan yang mencapai 150 mil per jam. Mereka mempunyai spesialisasi membuat pohon cemara, palem, daun broad, kaktus, atau tiang bendera.

Tak hanya di Amerika Serikat, menara yang dikamuflasekan dengan pohon ini pun mulai banyak dijumpai di tempat lain, seperti Italia. Jangan heran melihat sebuah foto di akun Multiply milik Katesrananing, pohon menara pun ternyata sudah ada di Cianjur dan di Jakarta.

Menara BTSMenara pohon ala Cell Trees bisa jadi solusi mengatasi kecenderungan efisiensi dan estetika. Pemerintah memang meminta operator berbagi secara bersama dalam satu menara. Para operator sudah menggagas soal ini. Mereka mencoba menyajikan konsep menara ini agar lebih sejuk dipandang mata. Tak hanya dengan wujud menara secara telanjang dengan tiga kaki terpancang, tapi juga mulai dibentuk pepohonan, atau di billboard dan gedung-gedung pencakar langit.

Beberapa kota juga telah menggagas penyamaran menara ini, seperti Malang atau Surabaya. Bahkan Wali Kota Surabaya telah mengaturnya dalam bentuk Peraturan Wali Kota Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pembangunan dan Penataan Menara Telekomunikasi di Surabaya. Pada pasal 1, poin 11 mengatur tentang menara telekomunikasi kamuflase. Di poin itu dikatakan, bentuk desainnya diselaraskan dengan lingkungan menara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar