Senin, 26 September 2011

Indosat masih Tawarkan 4.000 Menara Telekomunikasi

INILAH.COM, Singapura - PT Indosat Tbk (ISAT) merencanakan menjual 4.000 menara telekomunikasi yang telah menyumbang 20% terhadap bisnis perseroan.

Saat ini sudah ada beberapa yang tertarik seperti PT Menara Bersama Insfrastruktur, PT Solusi Tunas Pratama dan PT Sarana Menara Nusantara. Penjualan ini diperkirakan dapat mengantongi dana US$500 juta. Salah seorang sumber Bloomberg.com mengatakan penawaran akan dilakukan selama dua pekan.

Indosat yang berbasis di Jakarta seperti dikutip dari bloomberg.com menyatakan bsinis menara telah menyumbang sekitar 20% dari pendapatan perseroan. Setiap menara akan dilego sekitar US$125.000.

"Dalam waktu dekat penjualan menara menjadi salah satu solusi untuk melakukan efisensi," kata Sachin Mittal, analis DBS Vickers Research.

Pembangunan menara telepon selular menelan biaya US$100.000. Pendapatan dari usaha sewa menara mencapai Rp198 miliar dari data per Juli lalu.

Sementara PT Menara Bersama Infrastruktur mengakui tertarik unutk memiliki menara milik ISAT tersebut. "Kami tertarik mendapatkan menara sebagai aset," kata Dirkeu PT Menara Bersama Infrastur, Heli Yusman Santoso.

Namun menolak menjawab soal harga yang disepakati dengan Indosat. "Kami telah mengalokasikan US$120 juta dalam belanja modal dan ini sebagian untuk akuisisi ini," kata Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar