Kamis, 15 September 2011

New Paradigma Akuisisi lahan untuk Project Sitac ke depan

Munculnya beberapa operator baru akan membuat banyak pilihan bagikita sebagai pengguna komunikasi juga sebagai pelaksana kontruksi dalam telekomunikasi.
Tindakan para operator ini terhadap rencana BTS yang akan dibangun dalam jumlah ribuan yaitu dengan melakukan perekrutan mitra kerja/vendor, pemesanan bulk order material, berupaya one step a head dan tentunya yang tidak kalah penting adalah melakukan banyak penyesuaian2.
Tentunya dari Vendor sendiri dengan rencana ribuan BTS yang akan dibangun oleh para Operator melakukan upaya-upaya seperti munculnya new vendor, kloning perusahaan dengan tujuan mendapatkan jumlah PO, rekruitment resource besar2 an, SDM pindah antar company. Sehingga jumlah pelaksana konstruksi telekomunikasi ini bertambah banyak tahun demi tahun.
Khawatir terjadi hutan Tower, PEMDA tidak tinggal diam. Tower bersama, SK pembekuan perijinan, kerjasama dengan parental Tower, penunjukan langsung dan tunggal dengan tujuan selain mendapatkan PAD bagi wilayahnya juga penertiban tower yang liar.
Melihat maraknya Tower ke desa-desa maupun kota, warga dengan LSM dan media dengan belajar dari sekitar mengeskalasi semua permasalahan guna mencapat tujuan yang tentunya dengan target mendapatkan financial dari adanya Tower ini.
Paradigma BTS lama seperti harus menggunakan menara/Tower, harus tinggi (min 30m), wajib in grid, type menara yang standart dll. Akan sedikit sulit dilakukan dan dicapai tahun tahun mendatang. Penggunaan kata Menara/Tower yang terkesan kurang estetik dan menakutkan, sulitnya ditempatkan di lokasi padat penduduk dan sebagian masyarakat yang menganggap kehadirannya merugikan.
Oleh karena itu ke depan dalam akuisisi lahan atau istilah kerennya Sitac (Site Acquisition) harus merubah paradigma lama tersebut menjadi baru, tentunya kreatifitas dari para operator juga vendor/mitra kerja nya.
Issue Tower Bersama, sulitnya IMB dan lainnya untuk Tower ini kemudian muncul paradigma baru.
Contoh yang telah dilakukan oleh XL seperti Tower lampu dengan tinggi 18m, tower menara air (water tower), kamuflase menyatu dengan lingkungan, memanfaatkan bangunan tinggi yang ada seperti mesjid, gereja,ditempatkan di atas pohon atau kita dapat mengusulkan new desain dll. Design untuk ini sedang di lakukan oleh para operator untuk mencapai tujuannya.
New paradigma ini yang harus kita pikirkan untuk site2 kategori susah.  Koordinasi dan komunikasi tentunya penting sekali baik dengan operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar