Kamis, 15 September 2011

Efisiensi, Indosat bakal jual 4.000 menara



(ilustrasi/dok. kabarbisnis.com)
SINGAPURA, kabarbisnis.com: PT Indosat Tbk (ISAT) akan melego 4.000 menara telekomunikasi yang selama ini telah menyumbang 20% terhadap bisnis perseroan. Dana yang diperoleh sekitar US$500 juta. Setiap menara akan dilego sekitar US$125.000.
Seperti dikutip dari Bloomberg, sebuah sumber menyatakan, penawaran tersebut akan dilakukan selama dua pekan. Sejumlah pihak dikabarkan tertarik, seperti PT Menara Bersama Insfrastruktur, PT Solusi Tunas Pratama, dan PT Sarana Menara Nusantara.
"Penjualan menara menjadi salah satu solusi untuk melakukan efisensi," kata Sachin Mittal, analis DBS Vickers Research. Seperti diketahui, kinerja Indosat saat ini tengah tertekan.
Pendapatan dari usaha sewa menara itu mencapai Rp198 miliar dari data per Juli lalu.
PT Menara Bersama Infrastruktur mengakui pihaknya tengah mengkaji untuk membeli menara milik Indosat. "Kami tertarik mendapatkan menara sebagai aset," kata Direktur Keuangan PT Menara Bersama Infrastur, Heli Yusman Santoso.
Namun, dia menolak untuk merinci harga akuisisi. Yang jelas, tahun ini Menara Bersama menyiapkan belanja modal cukup besar, termasuk di dalamnya untuk keperluan mencaplok menara Indosat ini. kbc10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar